Minggu, 25 Desember 2011

Menjelang Tahun Baru

Tahun baru tinggl menghitung hari saja, kurang lebih satu minggunlah,,, bigi khalayak umum tahun baru adalah momen yang paling di tunggu-tunggu apalah itu? ya,, benar! tahun baru selalu identik dengan pesta gemerlap kembang api yng menjulang ke angkasa dan semua orang entah itu beragama ataupun tidak menyambutnya dengan begitu gembira. Itulah momen tahun baru yang sudah menjadi ritual tahunan yang seakan wajib untuk di lakukan dan dirayakan namun ada hal yang terlupakan dalam momen tahun baru itu, momen itu adalah antara tahun yang sudah di lewati dengan tahun yang akan di jalani ternyata tidak berpengaruh apa-apa terhadap kondisi bangsa yang kian hari kian tambah runyam saja, dari masalah ekonomi, budaya, pendidikan, keamanan, politik, hukum dan ham, masih saja sama dengan tahun-tahun yang sebelumnya.

Tahun baru yang akan di jelang beberapa hari kedepan masihkah pantas untuk dirayakan..?? bukan berarti tahun baru itu tak penting, namun ada hal yang perlu di perhatikan dalam momen tahun baru itu, yaitu kedamaian natal yang di gandengkan dengan tahun baru bukan berarti tidak ada hubungannya, seharusnya kedamaian yang di "gembar-gemborkan" melalui media massa dapat di tindak lanjuti oleh seluruh warga masyarakat entah itu muslim, hindu, budha khususnya umat kristiani dan yang terpenting adalah bagaimana kita dapat mnciptakan kedamaian itu tanpa mempersoalkan ras, suku, agama, budaya lebih-lebih posisi dan jabatan dan status sosial apapun yang di sandangnya.

Jadi momen natal dan tahun baru haruslah di fahami bukan hanya sekedar momen "hura-hura" dan berpesta semata, dalam hal ini pemerintah baik itu eksekutif, legislatif maupun yudikatif harus dapat menjadi jembatan dalam mewujudkan semangan ke damaian yang di harapkan, bukan malah memperkeruh keadaan. Dengan harapan konflik horisontal antar masyarakat tidak terjadi lagi di tahun akan datang, dan terpenting pemerintah haruslah benar-benar bijaksana dan selektif dalam memberikan kebijakan serta instruksi terhadap bawahannya sehingga kasus kekerasan "Mesuji dan Bima NTT" tidak akan pernah terulang kembali di tahun yang baru, dengan semangat kebersamaan dan kedamaian.

Akhirnya izinkan saya untuk mengucapkan selamat "NATAL dan TAHUN BARU" bagi anda yang memperingati semoga salam "Kedamaian yang anda syiarkan dapat menjadi kenyataan,,,,AMIIN,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar